Bangun Pemuda! Sebuah Ibadah Kebangsaan dari Pemuda Klasis Jakarta 1

All About GKI, LIVE THROUGH THIS, 19 September 2017
Perbedaan bukan pemisah, melainkan perekat

Ada yang berbeda di GKI Rawamangun – Jakarta Timur pada Sabtu 26 Agustus lalu. Para pemuda yang berada dalam lingkungan GKI Klasis Jakarta 1 berkumpul dalam ibadah kebangsaan, seiring momentum HUT Kemerdekaan RI ke-72. Ruangan ibadah GKI Rawamangun diubah menjadi pelataran tempat semua undangan duduk di lantai, dalam suasana yang remang. Barangkali ini adalah salah satu perayaan kemerdekaan paling melankolis, tetapi sebuah perenungan memang diperlukan di tengah hingar-bingar euphoria, bukan?


Credit by Dokumentasi GKI Klasis Jakarta 1


Credit by Dokumentasi GKI Klasis Jakarta 1

Selain lagu gereja yang sudah familiar, jalannya acara didominasi oleh lagu-lagu kebangsaan. Dari Syukur sampai Rayuan Pulau Kelapa, semua diaransemen sangat matang dan membawa kita pada nostalgia masa sekolah, ketika sebuah buku panjang berisi lagu-lagu nasional mengisi kelas Seni Musik. Ternyata setelah sekian waktu berlalu, lidah ini kangen juga untuk melantunkannya. Dan tim panitia membuktikan, lagu-lagu nasional juga sangat cocok dinyanyikan dalam konteks ibadah di gereja, dengan liturgi eksperimental yang sangat segar.


Credit by Dokumentasi GKI Klasis Jakarta 1

“Memahami Indonesia berarti menerobos segala sekat-sekat. Bukan perbedaan yang salah, melainkan sikap kita menghadapi perbedaan itu,” Pdt Charliedus Saragih dari GKI Camar berkata dalam khotbahnya. “Perbedaan bukan pemisah, melainkan perekat.”


shutterstock.com

Sesi doa syafaat dalam ibadah itu dilakukan bersama dengan perwakilan dari Gusdurian Jakarta/NU, Bapak Hasan Bashori dan Pak Sutarta, Ivan, Eka, dan Lia dari Pura Aditya Jaya Rawamangun. Persembahan yang dikumpulkan di ibadah kemudian disumbangkan untuk mendukung perayaan Idul Adha yang jatuh tepat 1 September 2017.


Credit by Dokumentasi GKI Klasis Jakarta 1

Acara ditutup dengan kebersamaan yang hangat, menikmati hidangan Bakmi Jawa di pelataran gereja. Hari yang sangat penuh makna!


Credit by Dokumentasi GKI Klasis Jakarta 1


Credit by Dokumentasi GKI Klasis Jakarta 1

 

Want to Submit an Article

Untuk menjadi bagian dari gerakan generasi
muda Kristen Indonesia. Kirimkan karyamu ke:

contribute@ignitegki.com

 

STORE
BY:TWELVE

 

 

 

 

 

STAY UPDATE WITH IGNITE!
SUBSCRIBE