GKI Perniagaan & GKI Samanhudi: Kisah Cinta Dua Gereja

All About GKI, LIVE THROUGH THIS, 1 Juni 2018


Photo by Olivia Elena Hakim

Tidak banyak orang yang akan mendeskripsikan hubungan antara dua gereja seperti dua orang kekasih – tapi inilah GKI Perniagaan dan GKI Samanhudi, merayakan 150 tahun momen yang mengikat mereka selamanya, di hari peringatan Kenaikan Isa Almasih 10 Mei lalu. Apa sih yang terjadi sebenarnya?


Photo by Olivia Elena Hakim

Tahun 1868, misionaris bernama Gan Kwee (yang diutus oleh FL Anthing) melakukan penginjilan di Batavia dan menghasilkan 17 orang dewasa yang dibaptis. Merekalah yang menjadi fondasi awal komunitas Kristen yang dikenal dengan nama Jemaat Patekoan, sebuah jemaat yang terus berkembang pesat hingga terjadinya Peristiwa Patekoan 10 Mei 1953 silam. Peristiwa Patekoan membelah jemaat itu menjadi dua gereja terpisah yang kita kenal hari ini: GKI Perniagaan dan GKI Samanhudi. Syukurlah 7 tahun kemudian, keduanya berhasil melakukan rekonsiliasi.

Nah, maka tak heran jika pada siang hari itu dalam perayaan meriah bernuansa oriental-Betawi, kedua jemaat merayakan ‘kisah cinta’ mereka di Balai Samudera, Kelapa Gading. Sekitar 2,000 orang menyesaki gedung tersebut dalam sebuah ibadah raya yang diisi dengan drama lenong musikal, Perjamuan Kudus, dan disemarakkan oleh penampilan ondel-ondel dan iringan musik orchestra & gambang kromong. “Saya baru pernah kotbah ditemani ondel-ondel,” komen Pdt. Sheph Davidy Jonazh yang berkotbah hari itu. “Dalam budaya Betawi, ondel-ondel berfungsi menolak bala; tentu dalam konteksi ini kita berharap segala pikiran buruk dan roh jahat dilenyapkan dari antara kita dengan pertolongan Roh Kudus.”


Photo by Olivia Elena Hakim

Lenong hari itu berkisah mengenai konflik tarik-menarik antar dua keluarga, satu jemaat GKI Perniagaan dan satu lagi GKI Samanhudi, dalam menentukan di gereja mana pernikahan cucu mereka akan diberkati. Jika mata orang kemampuan menertawakan diri sendiri adalah pertanda kedewasaan seseorang, kami pun salut dengan kedua jemaat yang mampu melepaskan diri dari sejarah kelamnya, bahkan bersatu dalam tawa yang dipancing oleh sebuah narasi drama yang gamblang menyentil konflik lama mereka. Sungguh relasi unik yang menghangatkan hati, dan saya rasa banyak gereja lain yang dapat belajar dari mereka mengenai transformasi konflik. Bahkan nih guys, mereka punya theme song sendiri loh yang berulangkali dinyanyikan bersama siang itu. Intinya, salut pada GKI Perniagaan dan GKI Samanhudi dalam perayaan 150 Tahun Penginjilan Patekoan!


Photo by Olivia Elena Hakim

 

Want to Submit an Article

Untuk menjadi bagian dari gerakan generasi
muda Kristen Indonesia. Kirimkan karyamu ke:

contribute@ignitegki.com

 

STORE
BY:TWELVE

 

 

 

 

 

STAY UPDATE WITH IGNITE!
SUBSCRIBE