Mencintai Tuhan Mencintai Bumi

Best Regards, LIVE THROUGH THIS, 23 Februari 2018
Apakah kita memilih untuk peduli, menjadi terang dan garam bagi sekitar, atau memilih untuk diam dan acuh tak acuh?

Permasalahan di sektor Agraria atau lingkungan hidup bukan merupakan hal baru untuk dibahas di Indonesia. Begitu banyak masalah yang terjadi mengenai lingkungan hidup, mulai dari sengketa lahan, kriminalisasi petani hingga penggusuran atau pembebasan paksa tanah. Hal ini merupakan sebuah perbincangan yang tak kunjung dapat diselesaikan dengan baik oleh pemerintahan hingga sekarang. Tahun berganti, namun jumlah permasalahan dan perusakan alam yang terjadi semakin bertambah. Menjadi sebuah kemerosotan dengan jumlah yang tinggi ketika alam menjadi rusak, karena secara otomatis kediaman hewan dan tumbuhan juga ikut terancam.

Lalu bagaimana menyikapi hal tersebut? Apakah kita sebagai orang Kristen hanya berpangku tangan ketika sudah jelas Bumi yang Tuhan titipkan kepada manusia semakin tidak dalam keadaan baik-baik saja? Apakah kita orang Kristen yang harusnya menjadi garam dan terang di tengah dunia harus diam ketika tahu banyak ketidakadilan yang terjadi? Bukankah kita sesama manusia harus bersinergi dalam menjaga dan merawat bumi yang Tuhan ciptakan?


Source: https://www.facebook.com/savetreestosaveearth/

Mencintai sesama adalah sebuah tugas dan panggilan, apalagi jika berbicara mengenai menjadi orang Kristen yang berdampak, sesama bukan hanya berbicara tentang sesama manusia namun juga binatang dan tumbuhan yang sejatinya juga adalah ciptaan Tuhan. Mencintai binatang dapat dilakukan dengan cara ikut melestarikan dan menyuarakan anti perburuan dan memelihara satwa liar. Begitu juga dengan mencintai tumbuhan, atau lingkungan secara menyeluruh, dapat dilakukan dengan cara bergabung dalam sebuah jaringan atau komunitas yang ikut bergerak dan menyuarakan peduli lingkungan.

Ada banyak komunitas atau jaringan yang concern dalam bidang lingkungan hidup, salah satunya adalah Jaringan Pemuda Kristen Hijau. Jaringan ini lahir di Jawa Timur khususnya daerah Malang-Surabaya dan sekitarnya. Dimulai di pertengahan bulan Desember 2016, jaringan ini awalnya dipelopori oleh beberapa pemuda GKI, namun sekarang sudah melebarkan sayap hingga ke Indonesia Timur, bahkan ikut melibatkan rekan-rekan dari jaringan denominasi gereja yang berbeda. Kegiatan yang dilakukan meliputi pendidikan melalui diskusi-diskusi dan bedah buku, pendampingan terhadap korban sengketa lahan, dan perluasan jaringan dengan cara menambah jumlah pemuda Kristen yang peduli akan lingkungan hidup. Jaringan Pemuda Kristen Hijau adalah contoh bahwa masih selalu ada wadah bagi kita untuk dapat aktif mengambil bagian dalam mengatasi permasalahan yang tak kunjung selesai. Tinggal apakah kita memilih untuk peduli, menjadi terang dan garam bagi sekitar atau memilih untuk diam dan acuh tak acuh. Dengan adanya jaringan ini, diharapkan ada kerja sama baik yang mampu menjembatani antara gerakan sosial – lingkungan dengan gereja.


source : https://www.instagram.com/kristenhijau/

Ada beberapa poin yang perlu kita ketahui tentang peduli akan lingkungan.

1. Melaksanakan amanat dari Tuhan

Kejadian 1:26-28 memberikan panduan, dimana manusia diutus untuk memenuhi bumi dan menaklukkan seisinya. Dalam artian ini, manusia diutus secara langsung untuk merawat dan menjaga bumi dengan baik, bukan menaklukkannya dengan eksploitasi berlebih hingga berujung pada perusakan alam itu sendiri.

2. Bentuk toleransi antar umat

Ketika bersama-sama ikut menjaga Lingkungan hidup berarti kepedulian itu tidak hanya dirasakan oleh satu pihak saja, namun juga menjadi perjuangan bagi berbagai kelompok untuk ikut bersatu. Adanya sinergi dalam keragaman dapat turut menjaga perdamaian dan kerukunan umat beragama secara langsung atau tak langsung. Terdapat juga contoh lain dari komunitas serupa yang dibentuk dari kepercayaan yang berbeda seperti FNKSDA (Front Nahdliyin untuk Kedaulatan Sumber Daya Alam), dimana seringkali juga melakukan kegiatan yang sama.

3. Mencintai sesama

Bentuk positif yang paling nyata adalah mencintai sesama manusia khususnya dalam hal antar golongan seperti kaum petani, buruh, maupun masyarakat kurang mampu lainnya. Pastinya dengan gerakan dan kepedulian semacam ini mampu menumbuhkan rasa mencintai sesama manusia.

4. Menjaga keadilan

Hal berikut juga menjadi sangat penting jika berbicara tentang melakukan mandat dari Tuhan, ikut bersuara dan menjunjung tinggi keadilan, dalam konteks ini adalah keadilan ruang hidup. Mengusahakan tidak adanya ketimpangan untuk ruang hidup, setiap manusia yang lahir di Bumi berhak untuk menempati dan menginjak tanahnya sendiri dan hal itu merupakan hak yang penting bagi setiap orang. Bukankah Tuhan juga menjunjung tinggi keadilan? Oleh karena itu gerakan dan kepedulian akan hal ini juga sangat dibutuhkan dan perlu perhatian khusus dari banyak kalangan.


Source: www.planetnatural.com

“Mencintai Tuhan Mencintai Bumi” menjadi kalimat yang sangat pas ketika berbicara tentang iman Kristen, dan seharusnya mampu diartikan lebih dalam dan diaplikasikan dalam perbuatan.
Iman tanpa perbuatan adalah kosong, dan ketika setiap yang manusia mengaku mencintai Tuhannya namun tidak mencintai bumi dan seisinya juga merupakan sebuah iman yang patut dipertanyakan.
Penting untuk menjadi seorang Kristen untuk ikut andil dalam permasalahan sosial dan lingkungan hidup seperti ini. Bukan justru menjadi eksklusif dan pasif terhadap permasalahan yang ada sebab terlampau sibuk dalam kegiatan gerejawi hingga tidak turun langsung ke masyarakat. Jangan sampai kita berkata mencintai sesama namun tidak ikut menyuarakan penolakan terhadap perusakan lingkungan hidup dan ketidakadilan ruang hidup. Semoga pesan dalam tulisan ini mampu menjadi pemantik kepedulian umat Kristen dan Pemuda Gereja terhadap permasalahan Lingkungan Hidup. Kepedulian semacam ini nyatanya juga merupakan sebuah panggilan dan mandat dari Tuhan.

 

Want to Submit an Article

Untuk menjadi bagian dari gerakan generasi
muda Kristen Indonesia. Kirimkan karyamu ke:

contribute@ignitegki.com

 

STORE
BY:TWELVE

 

 

 

 

 

STAY UPDATE WITH IGNITE!
SUBSCRIBE